Minggu, 31 Mei 2015

          Sebelum kita membuat Blog, sebaiknya kita pahami dulu apa itu “Blok” dan apa pula manfaatnya buat kita. Blog bisa disebut sebagai “Web Blog” yang merupakan salah satu aplikasi web yang bisa digunakan oleh siapapun juga dan dari kalangan manapun. Bagi kalangan mahasiswa biasanya dimanfaatkan untuk memuat postingan atau artikel yang akan tersusun secara berurutan, mulai dari tulisan terbaru hingga tulisan yang paling lama. Jadi blog juga bisa berfungsi sebagai diary/ perpustakaan online. Blog juga bisa digunakan sebagai sarana untuk menjalankan bisnis yang sifatnya online.
            Sebelum membuat akun Blog, kita harus sudah memiliki akun email terlebih dahulu. Bagaimana cara membuatnya? Silahkan lihat langkah-langkah “Cara membuat akun email menggunakan gmail.com”  yang sudah saya posting sebelumnya.
            Sekarang saya asumsikan bahwa Anda sudah memiliki alamat email gmail.com. dan sudah masuk atau mengaktifkannya. Langkah-langkah membuat Blok . 
1.  Kita buka link di www.blogger.com. Lihat di kanan bawah, jika setingannya masih dalam Bahasa 
Inggris anda bisa mengubahnya terlebih dahulu ke dalam Bahasa Indonesia, supaya mempermudah               pengoperasian selanjutnya. Tetapi jika anda sudah menguasai bahasa Inggris silahkan diabaikan saja.

2.  Masuk/login menggunakan username/nama pengguna serta password gmail anda (akun email anda bisa juga untuk login ke blogger). Setelah memasukkan username dan password lalu klik “masuk”.

3.  Selanjutnya akan muncul halaman seperti di bawah ini, kemudian klik tanda panah bertuliskan "Blog Baru".


4. Anda bisa melanjutkan dengan mengisi: Judul : 
          - Isi dengan judul blog yang akan Anda inginkan
          - Alamat : isi dengan alamat blog yang di inginkan
          - Template : Pilih template (tampilan blog) yang Anda disukai
Lanjutkan dengan klik tombol “Buat blog”.


5.  Nah….. sekarang blog Anda telah selesai dibuat, selanjutnya Anda bisa mulai memposting karya tulis,  artikel dan  foto-foto  Anda atau mau mendesain Blog terlebih dahulu? Jika Anda mau membuat karya tulis atau artikel, mulailah dengan klik di tanda panah.



Ok, sekian dulu penjelasan singkat saya……. selamat mencoba dan semoga bermanfaat.







0 komentar:

Posting Komentar